IH on World Book Day: Indonesia Pos Article

Sabtu, 26 April 2008

Jumat, 25 Apr 2008,
Ajang Chatting, Menulis dan Ngeblog ala Hogwarts

Meskipun serial Harry Potter yang dirilis oleh JK Rowling telah berakhir bukan berarti para mania dari petualang dunia sihir Hogwarts itu ikut berakhir. Saat ini bermunculan berbagai komunitas dan juga perkumpulan yang anggotanya merupakan para pecinta petualangan Harry. Salah satu komunitas yang saat ini memiliki 200 anggota adalah IndoHogwarts (IH). Itu merupakan perkumpulan hobi yang gandrung ngeblog dan berbagi cerita dan ide seputar dunia Hogwarts. Komunitas itu sendiri dibentuk oleh para pecinta Harry Potter Indonesia Forum. Dan diresmikan di dunia internet pada 5 Desember 2007 lalu.

Ayu salah satu staf IndoHogwarts mengungkapkan kalau saat ini anggota dari perkumpulan itu berjumlah 200 orang. "Anggotanya bervariasi mulai dari anak SMP hingga ibu-ibu yang sudah punya anak," tutur Ayu. IndoHogwarts merupakan forum dengan setting atau tampilan Hogwarts dan zaman Marauders (1972). Ketika memasuki blog ataupun situs itu akan langsung terlihat dekorasi khas dengan warna yang didominasi warna hitam.

Setiap anggotanya merupakan murid Hogwarts. Siapapun yang ingin ikutan menjadi anggota akan diterima selama mereka mengikuti aturan dan ketentuan yang berlaku. "Semua bebas menyalurkan ide-ide mereka. Kita punya staff yang bisa mengajarkan menulis atau ngeblog," imbuh Ayu. Setiap orang bebas berekspresi menjadi salah satu tokoh dalam cerita itu.

Sebelum bisa ngeblog umumnya para anggota akan diikutsertakan dalam kelas virtual dan bikin thread menarik untuk mengumpulkan poin asrama. "Mereka juga bisa ikutan Quidditch (game ala Hogwarts). Para anggota itu juga bisa buat klub tersendiri sesuai dengan kesamaan minat dan juga tokoh yang mereka gandrungi.

Lantas seperti apa isi blognya? Rata-rata merupakan update terbaru tentang Indonesia Hogwarts, berita tentang event-event IH (online dan offline), karakter atau tokoh kesayangan secara mendetail, essay-essay, spoiler tentang plot Indonesia Hogwarts, dan juga daftar acara offline dari komunitas itu termasuk juga daftar koleksi yang berhubungan dengan Harry Potter."Semua yang dibahas tidak hanya tentang cerita tapi juga dimana bisa berburu barang-barang untuk menambah koleksi mereka," tutup Ayu. ((aya)
Article from IndoPosOnline :: Friday 24th, 2008

Terimakasih banyak pada semua staff dan member yang telah membantu jalannya event WBD ini. GO IH! :D

0 komentar: