IndoHogwarts dan WBD 2009 part 1

Senin, 18 Mei 2009

WBD dah kelar, baru banget tadi. As usual, tiap wbd tuh pasti hectic, dan amat hectic lagi karena senennya gw langsung UAS. kacau kan. Nahh, biasa, semua dimulai dari hari jumat, beda sama penyelenggaraan WBD sebelumnya yang full 4 hari, kali ini perayaan wbd diadakan secara satu bulan full dimana kegiatan hanya diadakan pada akhir minggu saja. Seru sih karena banyak variasi kegiatannya dan kita juga dah punya gambaran, ikut event kek WBD itu seperti apa sih dan itu bikin kita punya persiapan-persiapan. Well, dan setelah dua hari yang bener-bener bikin sibuk, akhirnya tadi kelar juga. Dan pendapat gw tentang WBD kali ini, amazing banget. Bener-bener amazing. Penuh dengan hal yang tak terduga. Tahun ini, banyak anak-anak IH yang pada nongol ada rahma dan kacang dari Palembang; ada renny, manda, mbak yuni, lily, dhilla, myu dari bandung; ada juga lagi mizu, reina, luna, abay, yuki, dan sejuta umat IH lainnya yang dah rela-relain nongol dari bogor dan jakarta. Gw kaget. Shock. Gak nyangka dapat tanggapan dari seluruh keluarga besar IH seperti ini. Dan ini bener-bener buat gw amazing. Apa ini INDOHOGWARTS? REAL INDOHOGWARTS?

Well, banyak banget yang mu diomongin, tapi semua udah ketelen lagi di lidah. Semua itu ada di dalam memori otak gw yang tidak sempurna, tapi buat gw ada 4 moment terpenting dalam IH kali ini. Pertama, kita berhasil membuat sukses Talkshow dengan mengundang Hernowo dan Pak Syamsu Hadi dari Penerbit Sygma. Itu bener-bener bikin mata kita orang terbuka, ditambah lagi waktu nganterin Pak Hernowo, itu keren banget. Guru yang bener-bener bikin mata gw sama ayu kebuka kali yah, bahwa tugas kita sebagai pengelola dari IH ini masih banyak dan tidak sedikit yang harus kita lakukan buat member-member kita, buat keluarga kita. Dan pada akhirnya, malam tanggal 16 mei kemarin ditutup sama penampilan Balin, Sigi dan teman-temannya dari musikalisasi puisi. Bawain dua buah puisi ciptaan Pradita Murnasin (member aktif IH) dan narasi buatan gw yang di musikalisasi. Wew mannn, very amazing. Lo bisa liat disana, teman-teman lo yang selama ini cuma lo kenal via net world, via dunia maya yang jauh dari bayangan bagaimana aslinya mereka di dunia nyata dan sekarang mereka berkumpul di sini, jadi satu, bermain bersama, bekerja bersama layaknya mereka sudah kenal lama.

Mannn, buat gw ini sebuah anugerah. Banyak member-member baru yang gak gw kenal, banyak pula dari mereka yang gak mengenal gw, tapi dari jauh tadi gw liat mereka, saling bercengkerama, bantu satu sama lain, buat hati gw bener-bener trenyuh, bikin gw berpikir, gw pengen banget seandainya ada mikan, manda dan cicak disini. Bahwa merekalah juga perintis awal dari forum ini. Gosh, betapa berharganya mereka dalam hidup gw. Orang-orang yang gw dedikasikan untuk melayani mereka, untuk membuat mereka betah di IH. Dan itu adalah amazing gw yang ketiga. Masih ada lagi beberapa kejutan. Tahun ini tanpa disangka dan diduga ternyata kita bisa juga kenalan sama Forum Indonesia Membaca, sama Hernowo, sama orang-orang lain yang membuat gw terkagum-kagum dan sama komunitas-komunitas lain yang membuat gw ternganga. Rumah dunia, KKS Melati, Forum Sastra Reboan, sungguh Indonesia itu berharga kawan. Kalian bisa lihat betapa tulusnya mereka menghargai komunitas mereka sendiri, betapa mereka begitu mendedikasikan diri mereka bukan untuk kepentingan pribadi tapi lebih pada pengembangan forum mereka, demi masa depan member yang lebih baik. Dan gw lantas berketimbulan niat, nanti kalau IH sudah punya uang, sudah bisa melakukan lebih, IH akan pergi ke rumah dunia. Gw pengen kasih liat anak-anak IH, kalau mereka itu beruntung sekali, bahwa mereka juga bisa berbagi dengan orang lain. Dunia itu tidak hanya terbagi antara net dan real, tetapi juga bagaimana tentang kita menyikapi hal-hal yang terjadi di luar dunia real kita selain sekolah dan rumah.

Kawan, gw gak tau harus tulis apa lagi, ketika tadi diumumkan saat penutupan bahwa komunitas kita, komunitas orang-orang autis ini ternyata mendapat penghargaan literasi. Apa yang dilakukan mereka yang memberi kita penghargaan. Apa sebenarnya yang dipikirkan oleh mereka. Gw sendiri gak nyangka. IH itu baru berumur 1 tahun 5 bulan. Kalau ibarat bayi, dia baru belajar bicara. Dan sekarang, IH mendapat penghargaan yang setara dengan apa yang mereka berikan pada Pak Hernowo dan Pak Golagong, yang benar saja. Gw bener-bener tidak tau apa yang harus gw perbuat di atas panggung tadi, tapi setidaknya ini memberikan kepercayaan diri lebih pada kami, bahwa dunia net itu tidak melulu mengenai ke-negatif-an, tetapi net itu juga tentang bagaimana kita belajar untuk menulis, belajar untuk berbagi, ber-tenggang rasa, berteman dengan orang lain yang tidak dikenal dan lain sebagainya. Net bagi kami orang-orang terpencil di dunia ini adalah dunia yang terbentuk dari rangkaian kisah kami yang pada akhirnya mampu memberikan pembuktian bagi aktualitas diri kami. Inilah IndoHogwarts, sebuah forum yang bisa membuat kita tertawa, menangis, tersenyum, deg-degan, cemas, dan penuh warna serta ekspresi lainnya yang tidak akan ditemukan di tempat lain. Ini adalah pembuktian kami bahwa IndoHogwarts sendiri adalah wadah bagi kami, para generasi muda Indonesia bahwa kita tidak kalah dengan mereka yang berada di luar negeri. Bahwa kami yang di dalam Indonesia, memiliki hal yang tidak dapat ditemukan di luar Indonesia. IndoHogwarts adalah rumah kedua kami, musafir bagi para pecinta Harry Potter yang tergila-gila pada dunia tulis menulis. Satu bentuk penghargaan yang kudedikasikan penuh untuk Manda, Mikan dan Ghina sahabat-sahabatku yang telah berjuang bersama demi mempertahankan IndoHogwarts. Terima kasih semua, terima kasih para member semua. Dan ingat, ini bukan pujian, tetapi ini adalah cambuk bagi kita semua yang membuat kita harus lebih mawas diri, lebih meningkatkan kinerja kita dalam melayani para member IH agar lebih besar kontribusi di dunia nyata ini.

Taken from Lian's Blog (yang dirahasiakan by request). =]

5 komentar:

OrangGanteng mengatakan...

MANTABBBBBBB~!
Sumpah mantab. Gue juga ga nyangka banget waktu MC teriakin nama Indohogwarts sebagai penerima penghargaan anugrah literasi. Bisa bayangin gue dan IH-ers lainnya yang saat itu ada di tekape cengo sekian detik kek orang WB dipaksa repp sebelum akhirnya sadar bahwa kita semua disuruh naek panggung. Wekekek.

SELAMAT YA, INDOHOGWARTS!!

Dan ini bikin gue mantab nggak jadi unregis =))
*dilempar kuali*

WewW mengatakan...

Yah, terima kasih.. Gw memang keren sekali sodara-sodara.. haha.. GO IH!

g h i n a mengatakan...

Sumpah. Gw. Terharu.

Makasih semua keluarga IH, tanpa kalian, IH bukan apa-apa melainkan forum RPG biasa yang sepi dan gak aktif...
5902005
Gw sayang kalian!

summercupcakes mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
summercupcakes mengatakan...

KEREN :((
Sayang sekali gw pulang duluan pas penerimaan penghargaan itu T__T
Gw shock pas baca status anak IH lewat y!M di kereta perjalanan pulang bareng Kacang T___T
IH DAPAT PENGHARGAAN LITERASI DARI PANITIA WBD!
kata gw: WOW!!!! *tatap-tatapan ama Kacang* =)) *lebay*

IH ROCKZZZZZ! \:D/ YEAH!