Anonimitas

Jumat, 13 Maret 2009


Saya pernah membahas hal ini di blog saya (mampir ya, fufufu) tentang anominitas.
Berdasarkan dari sumber ini, definisi anonimitas yaitu :
anonimitas = anonymity
(kata tidak umum, not a common word)
Definisi dalam bahasa Indonesia: anonimitas hal tidak ada nama

Nah, dah ngerti kan boys and girls? Lol. Yeah, anonimitas bisa diasosiasikan ketika kita berkeliaran di dunia net (or as we use to call it : NetWorld) dengan menggunakan ID palsu (girly_8003, misalnya) atau bukan nama asli kita dan/atau melindungi privasi kita di dunia nyata dengan tidak memberikan informasi apapun tentang kita di dunia nyata (or as we use to call it : RealWorld).

Apa ada masalah dengan hal itu? Tentu saja tidak ada.

Jika kita bermain di IndoHogwarts, forum kesayangan kita bersama, dan memutuskan untuk pure hanya ingin bermain RPG bersama tanpa bergaul dengan para PM dan hanya bergaul dalam bentuk RPG dengan chara-chara yang lain, itu tidak ada masalah. Malah duluuuu banget, ketika saya masih di semester 1, saya sempat pernah berpendapat bahwa paling asyik main RP itu kalau saya tidak kenal dengan lawan main saya dan mereka tidak kenal dengan saya. That way, RP would feel fun and real. Tapi setelah saya bertemu dan berteman sampai akhirnya diangkat staff oleh pendiri IndoHogwarts, fun yang saya dapatkan di IndoHogwarts juga tidak berkurang, kok. :D

Bentuk lain anonimitas di IndoHogwarts adalah jika kita memutuskan untuk bergaul dengan teman-teman kita di forum kesayangan kita bersama ini hanya sebatas NetWorld. Dalam artian, bergaul hanya sebatas RP, YM, MSN, HPI, Friendster dan Facebook atau website pergaulan bersama kita yang sedang ngetren saat itu. Lol. Ada banyak yang ingin bertemu dan mengobrol bersama live in person di gath-gath yang sepertinya lebih sering diadakan di daerah Jakarta/Bandung tapi tidak bisa karena keterbatasan wilayah yang jauh (diluar kota, provinsi, bahkan pulau dan negara) dan dana yang tidak mencukupi atau pede yang kurang gede untuk ikut dalam gath-gath IH.

Tapi kita juga menemui beberapa makhluk Puppet Master yang lebih memilih untuk hanya bergaul bersama dengan para PM dan chara sebatas RP di NetWorld dan tidak ingin berbagi informasi pribadi di RealWorld untuk melindungi privasi mereka dengan alasan apa pun. Nah, kebetulan saya punya beberapa teman di IndoHogwarts yang seperti ini. Awalnya saya bingung, kenapa mereka begitu. Maksud saya, mereka kalau diajak ngobrol di YM itu asyik banget, RPG-nya oke banget, tapi kalau pembicaraan sudah menyenggol masalah pribadi, mereka lebih memilih untuk tidak mengumbar ke siapapun termasuk saya. Padahal saya sendiri is more than happy to share my personal stuff out in public. You should know that if you read my blog. Lol.

So why? I wonder...

Tapi setelah saya pikirkan sampai kebawa mimpi dan akhirnya memutuskan untuk ngeblog di IndoHogwarts ini.... saya akhirnya sampai pada kesimpulan bahwa : yeah, biarkan saja. Hak mereka, para puppet master chara IndoHogwarts, jika mereka memutuskan untuk tidak sharing hal-hal yang menurut mereka terlalu pribadi ke teman-teman NetWorld. Bagi saya pribadi, asal mereka tetap cool dan asyik, ramah serta bersedia diajak ngobrol, I have no problem with that.

Respect their privacy, as you would want to be respected to your own privacy. That's what I wanted to say. =)

Translation : Hormatilah privasi orang lain, sebagaimana kamu ingin dihargai atas privasi kamu sendiri. Itu yang ingin saya katakan.

Hope this blog would be useful mengingat sekarang lumayan sepi. Lol.

-Re

0 komentar: