WBD 2009

Jumat, 13 Maret 2009


WBD (World Book Day). Event tahunan ini apa hubungannya dengan kita? Yaaaa elah.. jelas karena kita adalah komunitas net yang paling sering membaca! Bahkan lebih sering dari blogger yang sering blog walking akut kayaknya. Lol.

Here's a copy from the official website.

Saturday, February 14, 2009

UNDANGAN PARTISIPASI KOMUNITAS

World Book Day Indonesia 2009 bertema “Reading for Love” atau “Membaca Untuk Cinta”. Tema ini diangkat untuk mengingatkan kembali tentang kecintaan terhadap membaca dan pentingnya berbagi kecintaan membaca kepada orang lain di sekitar kita. Untuk itu perayaan WBD Indonesia 2009 dirancang khusus untuk memfasilitasi berbagai pihak untuk berpartisipasi dalam perayaan tahunan ini di lingkungannya masing-masing. Walaupun demikian, tradisi World Book Day Indonesia sebagai ajang berkumpul komunitas literasi akan tetap dipertahankan untuk menjaga kesinambungan gerakan literasi di Indonesia.

Tidak seperti WBD Indonesia sebelumnya yang dilaksanakan selama beberapa hari berturut-turut. Pusat perayaan WBD Indonesia tahun ini akan berlangsung setiap hari Sabtu dan Minggu di Museum Bank Mandiri - Kota. Berbagai kegiatan akan diselenggarakan di hari Sabtu dan Minggu mulai tanggal 23 April – 17 Mei 2009 sebagai alternatif masyarakat Jakarta dan sekitarnya dalam mengisi waktu luang. Setiap minggu tema yang diangkat berbeda-beda sebagai upaya memfasilitasi seluruh usia untuk ikut berpartisipasi dalam perayaan WBD Indonesia 2009.

Nah, kita (IndoHogwarts) as you probably already know (or not), ikut dalam event ini tahun lalu. Tahun lalu stand/booth kita berdampingan dengan standnya IHP dan Eorlingas (fans LOTR). Jadi bisa dibilang stand kita yang saling berdampingan ini seperti stand-stand dari negeri fiksi ilmiah. Lol. Saya masih inget persis perjuangan ketika mendekor, brain storming untuk mencari ide apa yang akan di tampilkan di beranda komunitas (acara dimana setiap komunitas berkesempatan untuk menampilkan produk komunitas mereka), foto-foto, ngobrol heboh, nyari cara supaya bisa menjelaskan tentang IndoHogwarts dan RPG Text Based dengan ringkas dan cepat ke pengunjung, bagi-bagi pin dan pembatas buku IndoHogwarts, belum lagi persiapannya. Hahaha.. Kalau diingat-ingat lagi... Kok repot amat yak?! LOL!

But it was a lot of fun.

And you know what guys? Tahun ini tuh IH belum mendaftarkan diri lhow, kita diundang dari pihak panitia. Yup, kita diundang. Hehehe... Karena menurut mereka, kita peserta WBD tahun 2008 yang paling gampang diatur, koperatif dengan acara beranda komunitas yang atraktif (bukan in a bonbin sort of way). Jadi kita diundang deh. =D

Nah, kita akan mulai WBD sekitar tanggal 16-17 Mei 2009 karena itu tanggal yang ditetapkan panitia sebagai minggu komunitas. Bukannya tidak mau berpartisipasi dari awal, tapi dari pihak panitianya sendiri sudah meng-highlight acara komunitas di weekend yang mana berhubung acara WBD kali ini diadakan setiap weekend. Isi acaranya :

16-17 Mei 2009

Minggu Komunitas

- Pameran Komunitas Literasi

- Bazar Buku

- Lelang karya komunitas

- Diskusi dan Temu Komunitas

- Penghargaan Tokoh Literasi

Untuk stand/booth IH sendiri tahun kemarin, foto-fotonya kalau ga salah ada di HPI atau di salah satu entry sebelumnya blog ini. Kalau ga ada, nanti saya ubek-ubek sampe ketemu trus di post di entry ini ajah biar nyambung. =)

Nah, tentu saja untuk dekorasi stand/booth komunitas IndoHogwarts sendiri kita butuh modal. Tahun kemarin modal kita berasal dari patungan semua staff berhubung komunitas kita adalah komunitas non-profit alias kita (staf) sama sekali ga ambil untung, member juga ga bayar apa-apa untuk menggunakan fasilitas dari IH. Bukannya sekarang mentang-mentang ada WBD tahun 2009 dan IH tiba-tiba bakalan nge-charge kalian para member kalau mau main RPG. Lol. Ya nggak dunk. =)

Kita cuma minta partisipasinya aja... Please you guys, kita sangat ingin menyebarkan IH ke khayalak ramai alias publik dan men-share pengalaman once in a lifetime kita ke teman-teman lain yang juga senang menulis dan membaca sambil main RP yang fun. Nah, Ayu dan saya (rere) akan mencoba menawarkan beberapa hal seperti pin, vest IH, kaos, mug, mini book dan/atau apa pun dengan logo asrama, IH atau bahkan chara anda lengkap dengan asrama hasil editan photoshop. Setiap produk akan ditawarkan entah lewat blog ini atau di thread tidak resmi IH lainnya.

Untuk saya pribadi, saya menawarkan mini book. Apa itu mini book? Itu adalah buku berisi perkenalan IH di bagian prolog, biodata chara anda dan thread-thread pilihan kamu sendiri (tentu saja dibatasi jumlah threadnya supaya halamannya ga kebanyakan) yang dijilid rapi dan manis dan diberikan sentuhan khas IH di bagian covernya. Harganya akan dipertimbangkan setelah dilihat jumlah halamannya tapi yang jelas ga bakalan lebih dari 30 ribu meskipun belum termasuk ongkos kirim.

Why mini book? Because... ya untuk kenang-kenangan chara kamu selama bersekolah di IH dunk. Lol. Baca di kompi atau hape lama-lama mata jadi jereng dan ga nyaman jadi saya menawarkan alternatif berupa buku yang bisa dibawa-bawa dan dijadiin kenangan. Liat aja thread-thread awal trus tar komen "Aduh tulisan gw pendek banget disini..." trus liat thread chara kamu pas kelas 6 trus komen lagi "Gila satu post gw ngambil 3 halaman A4!" Lol.

Well, it's all up to you. Please help and participate. Join our cause dan sebarkan FUN IndoHogwarts ke saudara, teman, dan siapapun yang kita bisa curhatin tentang IH. =))

-Re

0 komentar: